Senin, 26 September 2011

Perubahan/Pengembangan Organisasi (5)


Perubahan/pengembangan organisasi merupakan modifikasi substantif pada beberapa bagian organisasi dan suatu usaha terencana yang berskala. Perubahan dapat melibatkan hampir semua aspek organisasi, pengembangan dikelola dari puncak dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi dengan intervensi terencana yang menggunakan pengetahuan perilaku.

Faktor dan Dampak Perubahan/Pengembangan Organisasi
Faktor yang memicu adanya perubahan/pengembangan dalam organisasi adalah adanya dorongan dari sebuah organisasi untuk berubah/berkembang, yang berasal dari :

Dorongan eksternal
Mendorong organisasi untuk mengembangkan organisasinya dan mengadakan perubahan berasal dari lingkungan umum organisasi. Beberapa hal yang mempengaruhi oraganisasi untuk berubah atau berkembang adalah adanya aturan baru dalam produksi dan persaingan, politik, hukum baru, keputusan pengadilan, teknologi, ekonomi, dan sosiokultural .

Dorongan internal
Pada dasarnya berasal dari organisasi itu sendiri. Adanya revisi strategi organisasi oleh manajemen puncak, yang menghasilkan perubahan organisasi. Hal lainnya adalah direfleksikan oleh dorongan eksternal. Contoh, bergesernya sikap pekerja terhadap pekerjaannya memicu menuntut perubahan dalam jam kerja atau kondisi kerja.

Dampak dari perubahan/pengembangan dari sebuah organisasi
1. Ketidak pastian
2. Kepentingan pribadi terancam
3. Adanya perbedaan persepsi
4. Adanya rasa kehilangan
5. Dalam jangka panjang akan menimbulkan stagnasi

0 komentar:

Posting Komentar

(Hak Cipta)Yulianto_Taufiq. Diberdayakan oleh Blogger.


 

© Copyright by yulianto_taufiq | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World