Minggu, 30 September 2012

CARA MANUAL MEMBASMI VIRUS KOMPUTER

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membasmi virus melalui cara-cara manual. Berikut akan dijelaskan beberapa cara untuk menangani komputer yang terkena virus agar kembali seperti semula.

ENABLE TASK MANAGER

Untuk mengembalikan regedit dan task manager yang tiba-tiba tidak bisa di buka karena ulah virus yang menjengkelkan tentu saja ada banyak cara. Disini akan coba di ulas salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan Task Manager dengan catatan tidak ada lagi virus aktif yang bisa mendisable fungsi Task Manager pada komputer kita.

1. Baiklah, caranya adalah klik Start>Run dan ketikkan gpedit.msc kemudian click OK

2. Setelah muncul, pada Group Policy settings window pilih User Configuration, Administrative Templates, System, Ctrl+Alt+Delete, Remove Task Manager

3. Kemudian Double-click pada Option Remove Task Manager lalu klik enable, apply, dan OK

Selanjutnya anda tutup program tersebut dan cek apakah Task Manager sudah aktif lagi atau belum. Agar hasil lebih optimal restart dulu komputer anda.

ENABLE REGEDIT

Salah satu cara lain kita menangani virus adalah dengan cara kita bisa mengenable dari key-key di regedit, tapi bagaimana kita bisa mengubah key-key tersebut jika registri nya sendiri tidak mau di buka.

Ada banyak tools registri yang bisa kita gunakan, yang bisa kita dapatkan dari internet, bahkan memakai tune up utilities pun kita bisa masuk ke registri dan mengubah key-key tadi. Namun, karena disini saya membahas semuanya secara manual maka langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengembalikan regedit adalah mirip dengan cara mengembalikan Task Manager pada pembahasan sebelumnya. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

1. Klik Start>Run dan ketikkan gpedit.msc kemudian click OK

2. Setelah tampilan muncul, pilih menu User Configuration, Administrative Templates, System, Prevent acces to registry editing tools

3. Kemudian klik kanan pada option Prevent acces to registry editing tools, properties, lalu enabled

Selanjutnya anda tutup program tersebut dan cek apakah regedit sudah bisa difungsikan kembali, jangan lupa untuk merestart komputer anda sebelum mengecek.

Regedit juga bisa terdisable oleh virus, padahal regedit merupakan tool vital, karena lewat regedit kita dapat mengontrol fungsi-fungsi utama pada windows. Untuk meng-enable-kannya kita dapat menggunakan command line. Pertama-tama buka command line/command prompt, caranya star menu, run, ketik “cmd” tanpa tanda petik lalu enter, kemudian ketik perintah di bawah ini :

REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\System /v DisableRegistryTools/treg_DWORD /d 0
(Jika tidak bisa, pada penulisan” treg_DWORD /d 0”, menggunakan spasi “t reg_DWORD /d 0”)

Kemudian tekan enter, maka akan keluar konfirmasi :

Value DisableRegistryTools exists, overwrite (Y/N)?”

Ketikan “y” lalu enter, maka akan ada konfirmasi lagi bahwa operasi telah berjalan sukses. Kemudian sekarang coba ketikkan “regedit” lalu enter, sekarang regedit bisa dibuka J

ENABLE FOLDER OPTION

Seringkali komputer kita terserang oleh virus local yang sangat menyebalkan, mungkin virus tersebut tidak mengakibatkan hilangnya file-file kita, melainkan hanya mengubah entri-entri dari registry kita. Akibat pengubahan tersebut kadang kita tidak dapat mengakses folder option pada windows explorer. Bisa saja virus-virus local juga mendisable run dan task manager, apalagi yang lebih parah virus local ikut-ikutan mendisable regedit. Hal ini dimungkinkan supaya si virus bisa tetap eksis di komputer korban.

Nah bagi yang awam seperti saya ini, kita dapat menggunakan entri registry berupa file “.reg” yang didalamnya telah diberi perintah untuk membuka fitur-fitur windows yang telah terdisable virus. Caranya mudah, hanya tinggal double klik dan keluar pilihan apakah anda akan memasukan entri registry? Lalu pilih yes maka akan keluar dialog yang menandakan bahwa anda berhasil memasukan nilai registry. Restart windows dan coba lihat apakah folder option pada windows explorer kita sudah kelihatan atau belum.

Sumber : Buku “Membuat & Membasmi Virus Komputer Semudah Membalikan Telapak Tangan (mAster.com)”



0 komentar:

Posting Komentar

(Hak Cipta)Yulianto_Taufiq. Diberdayakan oleh Blogger.


 

© Copyright by yulianto_taufiq | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World