Konflik terjadi dalam organisasi
Konflik terjadi, karena ada perbedaan dari setiap individu
dalam bersosialisasi atau berinteraksi. Baik itu perbedaan menyangkut
fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya
terhadap setiap anggota, staf, atau karyawan.
Penyebab konflik itu sendiri yaitu hambatan komunikasi, batasan
pekerjaan yang tidak jelas, pertikaian, harapan yang tidak terwujud, dan lain
sebagainya. Mediator konflik bisa terjadi dari manusia itu sendiri yang
menciptakan atau pun memecahkan konflik tersebut. Contoh konflik dalam
organisasi. Kesalah pahaman setiap karyawan, staf, atau anggota didalam sebuah
organisasi karena ada anggota yang memiliki lebih dari satu manager atau sistem
koordinasi yang tidak jelas. Dan disini pemimpin dari sebuah oraganisasi itulah
bertindak sebagai mediator untuk memecahkan konflik tersebut.
Bagaimana cara kita untuk menyikapi hal tersebut, kita
harus mempunyai rasa hormat, menghargai sesame karyawan. Hormat dengan atasan,
dan atasan juga menghargai kinerja para bawahannya. Untuk salah satu factor penyebab
terjadinya konflik yaitu harapan yang tidak terwujud, kita sebagai seorang
manusia harus bisa bersabar dan mau untuk bersikap bijaksana. Hidup didunia
tidak selalu mulus jalan yang kita lalui, tidak selalu mudah yang kita inginkan
itu terwujud butuh kesabaran dan perjuangan yang lebih lagi. Dan jika memang
itu tidak terwujud kita seharusnya tabah, mungkin tuhan berniat lain memberi jalan
yang lebih baik dari yang kita inginkan. Dan sebagai seorang atasan, seharusnya
pula menciptakan sebuah suasana yang bisa membuat para bawahannya tidak terjadi
konflik atau disebuah tempat kerja menciptakan suasana damai. Yaitu dengan cara
lebih mau berkomunikasi dengan bawahannya, bersikap tidak sombong, dan hal hal
lainnya yang kiranya bisa membuat suasana damai. Pesan saya, ya semoga kita
sebagai seorang manusia selalu mau untuk menciptakan ketentraman dan kedamaian.
Karena di organisasi sebuah ketentraman dan kedamaian menurut saya itu sangat
dibutuhkan sekali untuk berjalan dengan baik kinerja dari organisasi itu sendiri. Karena
organisasi adalah dari sekumpulan orang, oleh karena itu penting menciptakan
sebuah ketentraman dan kedamaian. Semoga saya, anda mau untuk bersikap
bijaksana, tabah, tidak mudah putus asa. Semoga kita semua bisa menciptakan
kedamaian didunia ini dengan sikap sikap positive.
0 komentar:
Posting Komentar