Selasa, 13 Maret 2012

Pasar Oligopoli

Pendahuluan

Pasar
Suatu system, intuisi, prosedur, hubungan social, dan infrastruktur yang memiliki usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang disebut dengan pasar. Dipasar, barang dan jasa dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Ini adalah sebuah kegiatan dari perekonomian. Dan pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk barang pertukaran. Dipasar sebuah persaingan sangatlah penting, dan ini yang memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin dikatakan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga bisa timbul sebuah persaingan antara dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang. Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang. Secara historis, pasar berasal di pasar fisik yang sering akan berkembang menjadi - atau dari - komunitas kecil, kota dan kota.

Macam-macam pasar salah satunya adalah Oligopoli. Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas. 

Teori

Secara teoritis oligopoli adalah persaingan pasar yang hanya terdiri atas beberapa perusahaan yang melayani konsumen untuk jenis produk tertentu. Oligopoli bisa dibentuk dengan kesepakatan (biasanya kesepakatan untuk jumlah produksi dan penetapan harga jual) atau tanpa kesepakatan (mengekor) yang biasanya akan menghasilkan Kurva Patah (Kinked Demand) dalam strategi penentuan harga.
Karakteristik pasar oligopoli.
1. Hanya sedikit perusahaan dalam industri (few number of firms)
2. Produk homogen atau terdiferensial (homogen of differentiated product)
3. Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi (interdependence decision)
4. Kompetisi non harga (non pricing competition)
Faktor-faktor terbentuknya pasar oligopoli.
Ada dua factor penting penyebab terbebtuknya oasar oligopoly.
       a.  Efisiensi Skala Besar
       b.  Kompleksitas Manajemen
Ciri-ciri pasar oligopoli.
- Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar.
- Jenis produk ada yang terdeferensiasi dan ada yang tidak.
- Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoli karena investasinya yang tinggi.
- Persaingan melalui iklan sangat kuat.
Kelebihan pasar oligopoli.
- Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan biaya investasi yang besar.
- Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu.
- Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan.

Pembahasan

Umunya banyak perusahaan yang beraliansi/melakukan kolusi antar perusahaan hilir dan hulu untuk menguasai pasar/mempersempit peluang masuk bagi pemain baru. Kasus mocin (motor china) yang masuk ke pasar motor di Indonesia terkendala karena “hambatan” image dan praktek kolusi pemain lama seperti yamaha, honda dan suzuki untuk melemahkan image Mochin (misalnya menggugat desain, iklan ketahanan mesin dan layanan purna jual).

Contoh soal (KASUS)

Sebuah perusahaan oligopolis menghadapi dua permintaan:
Q1   =  200 – 10P adalah permintaan jika pesaing tidak bereaksi terhadap keputusan perusahaan.
Q2   =  100 – 4P adalah permintaan jika pesaing bereaksi terhadap
keputusan perusahaan.
a)   Gambarkan kurva permintaan dan penerimaan marjinal (MR) yang relevan bagi  perusahaan..
b)  Pada harga jual berapa pesaing akan bereaksi?
c)  Hitung interval harga jual yang menyebabkan perusahaan tidak akan mengubah output.
Jawab:
a) Pada kurva permintaan yang relevan adalah   ABF (garis tebal). Di atas P* sampai di titik A, perilaku perusahaan tiodak mengundang reaksi pesaing, sehingga kurva permintaan yang relevan adalah AB. Jika perusahaan menetapkan harga di bawah P* pesaing akan bereaksi, karena itu kurva permintaan yang relevan adalah BF. Sehingga kurva MR yang relevan adalah ACDE>.
b) Perusahaan pesaing akan bereaksi jika harga jual yang ditetapkan lebih rendah dari P*. Karena P* adalah titik potong Q1 dengan Q2 maka besarnya P* dapat diketahui:
            Q1 = 200 – 10P
            Q2 = 100 – 4P          dimana Q1 = Q2
          0 = -100 – 6P
            P* = 50/3 = 16 2/3
Pesaing akan bereaksi jika perusahaan menjual barang dengan harga lebih rendah dari 16 2/3 per unit.
c) Dari jawaban (b), kita dapat megetahui jumlah output keseimbangan adalah:
            Q*  =  200 – 10P
                   =  200 – 10(16 2/3)
                   =  33 1/3 unit
            Koordinat titik B adalah Pada Q = 33 1/3 dan P = 16 2/3
            Tampak pada Diagram 11.6 interval harga di mana perusahaan tidak mengubah output adalah antara Pr sampai dengan Pe (yaitu pada MR yang vertikal CD)
            Pada posisi titik C (yaitu harga Pe):
            Berada pada MR! Pada saat Q = 33 1/3
            MR1    =      TR1
                               --------
                                   Q
            TR1      =     P.Q
            Q = 200 – 10P – P = 20-1/10Q
            TR1  =   (20 – 1/10Q)Q = 20Q – 1/10Q2
            MR1   =     TR1       =     20 – 1/5Q
                            ----------
                                Q
            Q*  =   33 1/3 – MR1 = 20 – 1/5 (33 1/3) = 13 1/3
        Jadi Pe  =  13 1/3
Posisi titik D (yaitu harga Pr):
Berada Pada MR2 pada saat Q = 33 1/3

MR2  =       TR2
                  --------
                      Q
TR2   =   P.Q
    Q   =  100 – 4P – P = 25 – 1/4Q
TR2  =  (25 -1/4 Q)Q  = 25Q – 1/4Q2
MR2    =      TR2     =    25 – ½ Q
                   --------
                       Q
Q*  =   33 1/3 – MR2 = 25 – ½ (33 1/3)  =  8 1/3
Jadi Pe = 8 1/3
Dengan demikian interval harga jual per unit di mana perusahaan tidak mengubah output adalh antara 8 1/3 sampai dengan 13 1/3 atau pada MR vertical yaitu CD.









4 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf, apa tidak bisa diperjelas lagi kurvanya, soalnya gak keliatan. terima kasih, dan itu juga ada yang kepotong

Unknown mengatakan...

Binggung pd penghitungan TR1 dan TR2

Unknown mengatakan...

bingung dengan perhitungan TR NYA?

aminhafif mengatakan...

Mas dpet 20-1/10Q dpwt dri mana ?

Posting Komentar

(Hak Cipta)Yulianto_Taufiq. Diberdayakan oleh Blogger.


 

© Copyright by yulianto_taufiq | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World